Hisyam Suhesa, S.T., M.M.

Guru di SMKN 4 Pandeglang...

Selengkapnya
PEMUDA dan PERUBAHAN ZAMAN

PEMUDA dan PERUBAHAN ZAMAN

Peringatan sumpah pemuda menjadi penting untuk para pemuda Indonesia untuk penanda kiprah heroik para pemuda Indonesia. Sejarah mencatat sejak perintisan pergerakan Kebangsaan Indonesia sampai dengan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pemuda berperan aktif mengantarkan bangsa dan Negara mencapai kehidupan yang merdeka dan berdaulat berdasarkan UUD 1945. Sumpah Pemuda seakan menjadi sebuah titik kulminasi mengenai pernyataan para pemuda, akan keharusan kontinuitas dalam perkembangan nasionalisme yang mampu mengatasi ikatan etnis, daerah, agama, sekaligus menjadi platfrom dari sebuah front kesatuan nasional dalam melawan penjajahan. Mereka bersatu padu untuk merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan penjajah kaum kolonial Belanda, melalui sebuah tekad lebih baik mati terhormat daripada mati terjajah. Sejarah mencatat pemuda memiliki peran andil yang besar dalam perjalanan bangsa ini sejak masa pra kemerdekaan,kemerdekaan,orde lama,orde baru dan orde reformasi saat ini.

Peranan sentral pemuda tidak hanya sebatas sebagai harapan bangsa yang diharapkan mampu meneruskan tampuk kepemimpinan untuk membawa bangsa ini ke arah lebih baik. Namun pemuda juga ditasbihkan menjadi agent of controlterhadap segala bentuk kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Pemuda harus bisa memposisikan diri sebagai garda terdepan dalam mengawasi dan mengontrol terhadap segala kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah yang tentunya demi kemaslahatan bersama.Di masa kini peran pemuda tak menjadi berkurang apalagi hilang, melainkan menjadi semakin bertambah. Peran pemuda adalah melakukan perubahan dalam peradaban untuk membawa cahaya yang mampu mencerahkan negeri ini. Oleh karena itu, generasi muda di masa sekarang ini mempunyai peran yang cukup penting dalam menghadapi tantangan dan kondisi zaman yang berbeda. Kaum muda sekarang hendaknya tidak hanya sekedar memiliki semangat persatuan dan kemauan, tetapi juga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang positif untuk menjadikan negeri ini lebih baik lagi.

Pemuda dianggap sebagai penerus warisan kepemimpinan dan simbol harapan untuk perubahan di masa yang akan datang. Bung Karno pernah berkata, “berikan aku sepuluh pemuda, maka aku akan guncangkan dunia”.

Namun dimasa sekarang, banyak pemuda yang masih bergelut dengan tugas-tugas kuliah atau kegalauan hidup. Pemuda kita semakin ‘manja’ atau dimanjakan dengan berbagai kemudahan teknologi. Ada banyak faktor yang mempengaruhi semua ini, sistem pendidikan dan situasi zaman. Dan Disadari atau tidak, tantangan semacam ini akan berimbas pada peta pemikiran yang juga harus berjalan seimbang dengan perubahan zaman tersebut.

Melihat realitas kepemudaan masa kini, banyak pihak yang meragukan eksistensi pemuda kini dan masa depan. Kecemasan dan kegelisahan ini terkait dengan melemahnya kiprah dan kontribusi pemuda dalam pembangunan.

Sudah saatnya pemuda bangun dari ninabobok dampak globalisasi. Sudah saatnya pula bangkit dan mencari serta merebut setiap peluang yang ada untuk mengembalikan kejayaan di era globalisasi. Dengan dampak-dampak globalisasi itu hendaknya tidak menghalangi pemuda-pemuda untuk bergerak. Bergerak disini bukan berarti menolak atau pun memerangi era globalisasi tetapi bagaimana pemuda mampu menempatkan dirinya dan mampu mengambil peran penting dalam era ini. Pemuda juga harus membuka diri terhadap perkembangan teknologi yang semakin canggih artinya pemuda harus mempelajarinya atau bahkan menciptakan teknologi baru yang lebih canggih. Pemuda selayaknya menjadi "Ibnuz Zaman" yaitu anak ideologis zaman. Dalam artian, mereka harus mampu mengoptimalkan setiap pemikiran yang telah ada dan mampu menyerap pemikiran-pemikiran lain selama tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang ada. Sehingga mereka telah mampu dan siap untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan dan tantangan pada zaman modern ini. Maka selayaknya pemuda mampu mengemban amanat dari para pejuang bangsa terdahulu agar menjadi seorang pejuang muda yang dapat tampil dengan penuh semangat untuk berkompetisi sehingga dapat menjadi pemuda yang terus berjuang dalam mengisi kemerdekaan dengan memiliki kemampuan untuk memanfaatkan berbagai peluang yang ada sehingga dapat menjadi pemuda pelopor dalam pembangunan.

Transformasi pemuda Indonesia dimulai dengan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sehingga kualitas sumber daya manusia di Indonesiapun meningkat. Semakin banyak SDM Indonesia yang berkualitas maka akan mudah bagi Indonesia untuk mengelolah SDA nya.

Oleh sebab itu, reinterpretasi dan reaktualisasi semangat Sumpah Pemuda merupakan suatu keniscayaan. Pragmatisme pemuda era sekarang telah menjebak pemuda dalam pusaran tiada akhir dan menumpulkan idealisme. Sumpah yang membuktikan betapa besar semangat pemuda Nusantara untuk bersatu dalam satu kesatuan, satu pemerintahan, satu wilayah, yaitu NKRI. Peringatan Sumpah Pemuda penting agar kita diingatkan kembali bahwa sumpah suci itu bukanlah sesuatu yang lantas memanjakan kaum muda dan membuat pemuda terninabobokan dengan kebesaran sejarahnya.

Kini tinggal kita sebagai salah satu pemuda ingin menempatkan posisi dimana, menjadi aktor utama perubahan, pemeran pendukung atau bahkan yang lebih ironis hanya menjadi penonton.

maka marilah bersama rapatkan barisan untuk menjadi pemuda era modern yang cerdas mengambil setiap peluang dan menciptakan perubahan. Sudah bukan saatnya pula berselisih sesama bangsa tapi saatnya bersatu membentuk kesatuan padu untuk menghadapi segala bentuk ancaman terhadap bangsa Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

search